Wednesday, October 7, 2009

Dirjen Gtk Kemdikbud Akan Mengubah Prosedur Evaluasi Kinerja Guru

ads.id Trade
Mulai  tahun 2015 ini ada dua sketsa yang akan dilakukan Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan KEMDIKBUD untuk mengukur profesionalisme guru, yaitu secara akademis dan non-akademis. Pengukuran akademis dilakukan dengan rutin menyelenggarakan uji kompetensi guru (UKG) setiap tahun, dan pengukuran non-akademis dengan melaksanakan evaluasi terhadap kinerja guru.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Supranata mengatakan, mulai tahun ini semua guru baik yang ada di bawah Kemendikbud maupun Kemenag akan menjalani UKG. Sebelumnya, UKG hanya dilakukan kepada guru yang telah tersertifikasi atau akan disertifikasi. "Di bawah Ditjen GTK kita akan melaksanakan tes UKG ke seluruh guru termasuk 318 ribu guru yang ada di Kemenag. Makara ada 3,8 juta guru yang akan diuji mulai tahun ini untuk tahu potret kompetensinya," kata Pranata di Kantor Kemendikbud, Rabu (5/08/2015).
Pranata mengatakan, UKG harus dilakukan secara rutin alasannya ada sasaran yang harus dicapai. Di 2019 mendatang, kata dia, rata-rata nilai UKG harus mencapai angka delapan. Target tersebut tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) mengenai guru yang terdiri atas tiga poin. Pertama, meningkatkan profesionalisme, kualitas, dan akuntabilitas GTK; kedua, meningkatkan kualitas LPTK; dan ketiga, meningkatkan pengelolaan dan penempatan guru.
Sedangkan untuk pengukuran non-akademis yang dilakukan dengan cara menilai kinerja guru, Pranata menjelaskan, pihaknya sedang melaksanakan riviu terhadap prosedur evaluasi terasebut. Yang diukur dalam evaluasi kinerja guru yaitu keterampilan, kehadiran dan motivasi. Penilaian kinerja guru selama ini dilakukan oleh atasan pribadi guru yaitu kepala sekolah atau pengawas. Penilaian model tersebut, kata Pranata bersifat subjektif. Untuk itu dibutuhkan pihak luar yang juga ikut menilai. 
"Sekarang ini disinyalir kompetensinya memble tapi kinerjanya bagus. Kinerjanya baik atau baik sekali, itu kan subjektif. Oleh alasannya itu kita akan riviu. Supaya ada pihak lain yang eksternal yang menilai," tuturnya.
Pranata mengatakan, dalam prosedur yang sedang disiapkan ini, pihak luar yang bisa ikut menilai di antaranya yaitu komite sekolah, masyarakat, bisa juga siswa yang menilai guru secara objektif. Harapannya, evaluasi terhadap kinerja guru ini akan mendapatan potret yang lebih baik. 
Pranata menerangkan, guru profesional artinya guru mengampu bidang yang sesuai dengan kompetensinya. Sosok guru yang profesional tersebut, tuturnya, mempunyai kemampuan pedagogik, sosial, dan kepribadian bangsa. Kepribadian bangsa yang dimaksud yaitu pribadi yang sesuai dengan visi misi kebangsaan.
Ke depan, kata dia, profesionalisme guru  harus menjadi demand atau keinginan. Sebagai regulator, pemerintah sentra akan menyiapkan aneka macam bentuk training dan peningkatan kompetensi guru yang bisa dilakukan secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri maupun kelompok. Pembiayaannya bisa dari negara, pemerintah daerah, atau oleh CSR perusahaan.

Sumber: kemdikbud.go.id